27.8 C
Jakarta
Tuesday, February 7, 2023

Siswa MA Darussalam Jombang Borong Prestasi di Kompetisi GAZA X UIN Maliki Malang

MA Darussalam Jombang berhasil menorehkan prestasi pada ajang Gebyar Apresiasi Khazanah Araby 2022 (GAZA) tingkat nasional sabtu lalu. (15/10/2022). Lomba yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, UIN Maliki Malang (UIN Maula Maliki Ibrahim Malang) ini diikuti sebanyak 450 peserta SMA/MA sederajat dari seluruh Indonesia.

Dalam ajang kompetisi ini, terdapat 8 macam kategori lomba yang diikuti siswa MA Darussalam Jombang yakni debat, imatoh, qiroatul kutub, idzaatul akhbar, taqdimul qishoh, qiroatus syiir, khitobah serta ghina’ araby. Dari keseluruhan jenis lomba, 4 siswa MA Darussalam Jombang berhasil menjuarai 3 kategori lomba yang diadakan.

Juara 1 pada kategori idzaatul Akhbar atas nama Alif Dzakiatul Ashrafiah, juara 3 kategori idzaatul akhbar atas nama Nur Azizah, Elvira Khairina Zulfa sebagai juara 2 kategori taqdimul qishoh, Mecca Permata Amalia sebagai juara 3 dari kategori khitobah. Maka tak heran, MA Darussalam Jombang juga meraih predikat juara umum dengan kategori perolehan juara terbanyak.

Mecca Permata Amalia, salah satu siswa kelas X MA Darussalam Jombang yang menjuarai kategori khitobah menyampaikan rasa senang karena bisa berpartisipasi dalam kompetisi Gebyar Apresiasi Khazanah Araby 2022 (GAZA) tahun ini.

“Saya senang dan baru pertama kali ini mengikuti lomba secara offline, karena selama pandemi berlangsung, saya hanya bisa mengikuti lomba secara daring. Perasaan gugup saat tampil di depan pasti ada, tetapi saya yakin untuk ke depannya hal tersebut bisa melatih mental saya. Selain itu, saya banyak mendapatkan pengalaman baru dari mengikuti lomba GAZA ini,” ujarnya.

Sementara itu, Bahrudin Al Ayyubi, guru pembina MA Darussalam Jombang bersyukur dan bangga terhadap pencapaian prestasi yang didapatkan oleh siswa–siswinya. Ia juga mengatakan, tidak ada keterbatasan dalam proses belajar. Bahkan, untuk belajar di luar kelas sangat diperlukan seperti mengikuti kompetisi di sekolah-sekolah ataupun instansi lainnya.

“Alhamdulillah, dengan kemenangan yang diperoleh siswa siswi MA Darussalam Jombang. Saya berharap kepada mereka untuk terus meningkatkan potensi yang mereka miliki. Tidak lupa juga untuk terus mencari apa yang harus dicari yakni tholabul ilmi,” paparnya.

Secara khusus, untuk memotivasi siswa siswinya sebelum tampil, para guru mengajarkan kepada mereka untuk tidak mengganggap suatu perlombaan sebagai ajang kemenangan. Namun, ia mengajarkan kepada siswanya untuk syiar dan tampil semaksimal yang mereka bisa. Menang ataupun tidak dalam suatu kompetisi akan menjadi pembelajaran bagi siswa siswinya.

Untuk diketahui, Gebyar Apresiasi Khazanah Araby 2022 (GAZA) merupakan acara tahunan yang digelar sebagai bentuk apresiasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab untuk memperingati milad Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Lomba dengan tema “ Memperkokoh Eksistensi Bahasa Arab Untuk Membangun Peradaban Islam Yang Maju” ini, diadakan selama 2 hari pada tanggal 14 Oktober 2022 hingga 15 Oktober ini 2022 di gedung Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang).

Ilham Maulana Mulia selaku Steering Commite Gebyar Apresiasi Khazanah Araby 2022 UIN Maliki Malang mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya lomba yaitu sebagai wadah bagi peserta untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan bahasa Arab. Selain itu, ia berharap lomba ini dapat membangun kesadaran bersama dalam mempertahankan eksistensi Bahasa Arab di lingkungan masyarakat serta menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa terpopuler di dunia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles