27.8 C
Jakarta
Tuesday, February 7, 2023

Lomba Paduan Suara Mahasiswa Nasional 2022, Ini Kampus yang Paling ‘Merdu’

Paduan Suara Mahasiswa Nasional tahun 2022 resmi ditutup dengan lima tim pemenang. Mana yang kampus yang paling ‘merdu’?


Ajang seni bergengsi ini merupakan perhelatan yang diselenggarakan dua tahun sekali pada tingkat mahasiswa. Tahun ini, Paduan Suara Mahasiswa Nasional dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 15-18 Oktober 2022.

Kegiatan Paduan Suara Mahasiswa Nasional tahun ini mengambil tema “Harmoni Untuk Negeri”. Sebelumnya, pelaksanaan penyisihan telah dilakukan pada bulan Agustus lalu dimana sebanyak 112 tim dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia telah mendaftar dan mengirimkan video rekaman dua buah lagu yaitu lagu wajib dari panitia pelaksana dan satu lagu daerah pilihan.

Dari 112 peserta tersebut, terpilih sebanyak 23 tim yang berkompetisi dan menghasilkan 5 tim pemenang. Namun, terdapat 2 tim berhalangan hadir karena sedang mengikuti kompetisi tingkat internasional.

Melansir laman Pusat Prestasi Nasional, Rabu (19/10/2022), dari 23 tim, inilah daftar tim yang berhasil meraih kemenangan di ajang Paduan Suara Mahasiswa Nasional 2022.

Pemenang Lomba Paduan Suara Mahasiswa Nasional 2022
Setelah melewati perjuangan yang panjang, terdapat lima tim dari kampus-kampus peserta yang berhasil meraih gelar juara. Universitas Indonesia (UI) menjadi peraih juara satu dalam Lomba Paduan Suara Mahasiswa Nasional tahun 2022.

Dilanjut dengan juara 2 yang diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Juara 3 diraih oleh Universitas Sebelas Maret (UNS). Sementara, juara harapan 2 diraih oleh Universitas Brawijaya (UB) dan juara harapan 1 diraih oleh Institut Pertanian Bogor (IPB).

Tidak hanya itu, penghargaan juga diberikan kepada dua tim. Penghargaan pertama adalah “Kategori Khusus Peserta dengan Penuh Perjuangan” yang diberikan kepada Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Papua Barat.

Penghargaan ini diberikan karena peserta harus melewati perjalanan 7 hari 7 malam untuk mengikuti ajang talenta ini. Sementara, penghargaan kedua adalah “Kategori Khusus Peserta dengan Kostum Terunik Batik Pesona Indonesia yang diberikan kepada Universitas Tarumanegara.

Pada acara Babak Final ini, tim dari setiap kampus harus membawakan 3 buah lagu yang terdiri dari satu lagu wajib yang sama dengan babak penyisihan, satu lagu daerah, dan satu lagu pop Indonesia dengan komposisi empat suara yaitu Sopran, Alto, Tenor, dan Bass. Tim akan dinilai dari sisi teknik, penampilan, dan artistik oleh 3-5 orang juri.

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Asep Sukmayadi menyampaikan bahwa ajang talenta ini merupakan wujud dan dimensi lain dari pelaksanaan merdeka belajar yang diwujudkan dalam ekspresi seni budaya.

“Ini akan terus kita perkuat dan kita pertahankan. Kita meyakini bahwa ini merupakan pengalaman yang berharga yang bisa adik-adik raih. Pengalaman ini akan tertanam baik di hati dan benak adik-adik. Ini tentu menambah energi kita semua untuk bisa menyelenggarakan kegiatan lebih meriah di tahun berikutnya,” ujar Asep.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles