25 C
Jakarta
Saturday, February 4, 2023

Guru Merupakan Suri Tauladan Untuk Setiap Muridnya

Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga mengatakan, untuk meningkatkan mutu belajar siswa yang perlu diperbaiki adalah proses. Guru adalah motivator untuk meningkatkan mutu belajar siswa.

“Inputnya adalah guru [kompetensi], orangtua, siswa, sarana prasarana, tetapi bagaimana input itu diolah, mutu itu ada output atau keluaran dan prosesnya itu harus diperbaiki,” ujar Purnama, Selasa (19/7/2022).

Menurutnya, guru adalah sosok pioner dalam proses kegiatan belajar mengajar, dengan memaksimalkan fasilitas pembelajaran.

“Metode pembelajaran yang tepat, memanfaatkan media belajar, dan melakukan evaluasi pembelajaran sehingga guru dapat memaksimalkan yang akan ditularkan kepada peserta didiknya,” ujar Purnama.

Dikatakan Purnama, sebagai seorang motivator dapat meningkatkan kegairahan dan belajar siswa. Guru harus dapat merangsang dan memberikan dorongan semangat belajar siswa.

“Guru berperan penting mengarahkan peserta didiknya dengan kegiatan menggunakan metode belajar beragam, peserta aktif, dan membuat tugas menantang namun realistis,” ujar Purnama.

Menurutnya, di era globalisasi yang serba instan saat ini serta perkembangan teknologi dengan cepat berkembang dapat membantu guru dan peserta didik untuk dapat memberikan pemahaman dalam dunia pendidikan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles