27.8 C
Jakarta
Tuesday, February 7, 2023

Dalang Cilik Asal MTs Negeri 1 Pati Tampil di Kompetisi Sains Madrasah

Hafizh Yusuf Muhammad alias Ki Hafizh dalang cilik asal Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN/SMP) 1 Pati tampil memukau di hadapan Kakanwil dan ribuan pemirsa di pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah 2022. Mengangkat tema Diversifikasi Madrasah, Ki Hafizh memerankan tokoh legendaris dalam dunia pewayangan yaitu Bagong sebagai Duta Deversifikasi Madrasah.

Meskipun masih belia, Ki Hafidz tertarik untuk melestarikan kebudayaan Jawa, terutama seni pewayangan. Pada awal pementasan, Ki Hafizh dengan lihainya memainkan peran Bagong dan Petruk.

Bagong memberi pencerahan kepada Petruk bahwa madrasah merupakan lembaga yang mendidik siswa menjadi lulusan yang cerdas, berakhlak mulia, saleh, salihah, dan bermanfaat. Selain itu, Bagong juga menyampaikan jika saat ini Kementerian Agama telah mengembangkan diversifikasi keunggulan madrasah, meliputi Madrasah Akademik, Madrasah Riset, MA Progam Keagamaan, MA Plus Keterampilan, termasuk MA Kejuruan.

Atas penampilannya yang memukau tersebut, Ki Hafizh mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi pada Direktorat KSKK, Suwardi. “Mantep, Kerren,” katanya.

Kasubdit Kesiswaan, Nanik Pujiastutik juga memberikan acungan jempol. Sementara itu, Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak sangat bersyukur atas kesempatan emas yang diberikan oleh Kanwil Kemenag Jateng.

Selain itu, ini merupakan sebuah kehormatan karena dipercaya mengisi acara bergengsi, KSM. “Saya selaku kepala MTsN 1 Pati merasa sangat bersyukur atas kesempatan dan kehormatan yang luar biasa dari Kanwil Kemenag Jateng. Dalam acara pembukaan KSM kali ini, dua anak kami dipercaya mengisi acaranya dan salah satunya adalah dalang cilik,” ujarnya.

Selain Hafizh, dalam acara pembukaan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022, tampil juga siswa MTsN 1 Pati Juara 1 Cabang Tahfidz Satu Juz dan Tilawah MTQ ke-29 Provinsi Jawa Tengah, Durrotun Asyifa Baizurman yang melantunkan ayat suci Al-Qur’an.

Dalam kesempatan ini, Syafak mengucapkan rasa terima kasih kepada kedua siswa MTsN 1 Pati yang berhasil menyuguhkan penampilan terbaiknya. “Terima kasih yang tak terhingga pula kepada dua anak kami, khususnya yang telah tampil spektakuler dan berhasil memukau para pemirsanya. Semoga kalian nantinya mampu menjadi pribadi yang mandiri dengan tetap beriman, bertaqwa, dan berakhlakul karimah, serta shalih shalihah,” pesan Syafak.

Lebih lanjut, Syafak menjelaskan bahwa MTsN 1 Pati selalu berupaya menjadi pelayan terbaik bagi masyarakat. “Semua potensi anak di MTsN 1 Pati selalu dididik, dibimbing, dikembangkan, dan diberi ruang gerak yang sama. Semoga nanti, talenta anak-anak akan muncul dan bisa tampil luar biasa di berbagai event,” harapnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles